Cara Membuat Tanah Humus dari Sampah Organik

Hallo! Kali ini saya akan membahas tentang cara membuat tanah humus dari sampah organik. Humus ialah tanah yang dikenal sebagai tanah paling subur.

Tanah humus ini adalah tanah yang dikenal sebagai tanah gembur dan banyak digunakan dalam dunia pertanian. Tanah humus adalah tanah yang paling subur untuk tanaman karena memiliki komposisi sama seperti kompos.

Cara Membuat Tanah Humus

Siapkan peralatan dan bahan yang akan digunakan untuk membuat tanah humus.

Alat yang Dibutuhkan

  • Kotak tempat sampah
  • Alat pencacah
  • Sarung tangan
  • Sekop

Bahan yang Digunakan

  • Samapah organik
  • Kotoran kuda (kalau punya)

Langkah-langkah Membuat Tanah Humus

Berikut ini cara membuat tanah humus:

  1. Tentukan suatu tempat. Anda perlu tempat yang cukup di kebun atau taman Anda untuk menampung smapah organik pembuat humus. Sebagai alternatif, Anda dapat memakai container atau kotak sampah.
  2. Apa saja yang bisa dibuat humus? Sayuran, dedaunan, kulit buah, potongan rumput, koran bekas, cangkang telur (bukan telur utuh) adalah bahan-bahan yang baik untuk membuat tanah humus. Sedangkan logam, zat kimia,  plastik, makanan hewan, daging atau rontokan tanaman yang berpestisida tidak baik bila kita jadikan bahan pembuat humus.
  3. Sebagai aturan umum, jika Anda tidak bisa memakannya, maka jangan sertakan.
  4. Cacah semua samapah organik yang telah anda kumpulkan sebelum. Jika anda mengalami kesulitan dalam mencacah sampah organik ada bisa menggunakan Mesin Pencacah Kompos.
  5. Setahun itu, masukan sampah organik yang telah dicacah kedalam wadah pengomposan.
  6. Jika memungkinkan, tambahkan kotoran kuda sebagai campuran. Ingat, jangan menambahkan kotoran hewan lain atau manusia.
  7. Balik-balik kompos Anda dengan teratur. Setidaknya sehari sekali untuk mempercepat prosesnya.
  8. Pastikan tidak terlalu kering atau terlalu basah, kompos harus dalam keadaan lembap.
  9. Perhatikan perubahan kompos. Jika menjadi hitam gelap dan bertekstur kenyal berarti sudah menjadi tanah humus yang siap untuk digunakan

Mudah bukan cara membuat tanah humusnya? Sekarang anda pasti bisa membuat tanah humus sendiri dirumah, dan hasilnya bisa anda gunakan untuk menyuburkan tanaman kesayangan anda.

Anda juga bisa belajar lebih banyak mengenai tanah humus salah satunya dengan membaca artikel Cara Membuat Humus yang Mudah dan Dapat Dibuat di Rumah

Sekian dulu pembahasan saya mengenai cara membuat tanah humus. Semoga dapat bermanfaat bagi anda

Selamat mencoba!

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter