Cara Membuat Tanah Kompos Sederhana, Mudah Dibuat di Rumah

Kali ini saya akan membagikan cara membuat tanah kompos sederhana, mudah dibuat di rumah. Cara ini cocok buat anda yang sedang membuatuhkan tanah kompos untuk memupuk tanaman.

Tanah kompos adalah salah satu pupuk organik buatan manusia yang dibuat melalui proses pembusukan sisa-sisa bahan organik seperti tanaman dan hewan. 

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Siapkan bahan baku dan peralatan yang akan kita gunakan.

  • Sampah limbah rumah tangga yang sudah anda sortir, sampah coklat, sampah hijau, 
  • Aktivator em4
  • Tanah.
  • Bak atau drum plastik besar
  • Karung goni
  • Paving block.

Cara Membuat Tanah Kompos Sederhana

Berikut ini cara membuat tanah kompos sederhana :

  1. Pertama, cacah sampah organik yang telah anda siapkan. Jika anda mengalami kesulitan dalam mencacah sampah organik anda bisa menggunakan Mesin Pencacah Kompos.
  2. Selanjutnya, campurkan satu bagian sampah hijau dengan satu bagian sampah coklat tadi ke dalam bak atau drum plastik besar yang di bawahnya telah ditutupi dengan tanah dan diberi lubang sebagai jalan mengeluarkan kelebihan air.
  3. Tambahkan satu lapisan tanah pada bagian atas dan biarkan mikroba aktif dalam tanah bekerja menguraikan sampah menjadi pupuk kompos.
  4. Ulangi proses kedua dan ketiga untuk lapisan berikutnya hingga bahan sampah organik dan tanah habis. Kemudian tutup drum dengan menggunakan karung goni.
  5. Setelah 7 hari, buka dan aduk bahan kompos tersebut, kemudian tutup kembali dan lakukan proses tersebut setiap seminggu sekali.
  6. Untuk mempercepat proses pengomposan, anda dapat menambahkan bio-activator berupa larutan effective microorganism seperti EM4 yang dapat anda beli di toko pertanian.
  7.  Setelah kurang lebih 30 hari, cek akhir tanah kompos. Jika campuran pupuk sudah berwarna kehitaman dan tidak berbau sampah lagi, berarti proses pengomposan sudah selesai dan tidak ada masalah.
  8. Langkah terakhir adalah memisahkan bagian yang kasar dengan menggunakan ayakan, ambil yang halus. 
Tanah kompos yang kasar dapat dicampurkan kembali ke dalam bak pengomposan sebagai bahan activator untuk bahan kompos baru.

Anda juga bisa belajar lebih banyak mengenai tanah humus salah satunya dengan membaca artikel Cara Membuat Tanah Kompos dari Bahan Sampah Organik

Sekian dulu pembahasan saya mengenai cara membuat tanah kompos sederhana. Semoga bermanfaat bagi anda.

Selamat mencoba!

Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter