Proses Pembuatan Pupuk Kompos dengan Metode Vermikompos

Kali ini saya akan membahas proses pembuatan pupuk kompos dengan metode vermikompos. Cara ini menggunakan cacing tanah sebagai dekomposernya.

Cacing tanah yang dimanfaatkan dalam proses pembuatan kompos, mampu memecah dan menguraikan bahan sampah organik dengan cara memakannya lalu dikeluarkan dalam bentuk kotoran. Nah, kotoran cacing itulah yang kita gunakan sebagai kompos.

Proses Pembuatan Pupuk Kompos dengan Metode Vermikompos

Sebelum masuk ke prosesnya, siapkan dulu alat dan bahan untuk membuatnya. 

Alat yang Dibutuhkan

  • box kayu/plastik berpenutup
  • Sarung tangan
  • Sekop kecil
  • Pisau 
  • Cacing tanah

Bahan-bahan yang Digunakan

  • Sampah organik
  • tanah

Langkah-langlah dalam Proses Pembuatan Pupuk Kompos Menggunakan Cacing 

  1. Siapkan box kayu/bok plastik sebagai wadah pembuatan kompos cacing. Bila wadah tersebut menggunakan tutup, pastikan ada lubang udara di bagian atasnya.
  2. Buat lapisan untuk tempat tinggal cacing. Cacing sangat menyukai tempat yang lembap dan basah. dapat menggunakan cacahan dedaunan. Untuk membuat cacahan daun yang bagus ada bisa menggunakan Mesin Pencacah Kompos.
  3. Masukkan cacing tanah. Cacing tanah dapat diperoleh di pekarangan rumah atau dapat membeli di toko tanaman atau toko ikan.
  4. Berilah makan cacing dengan sisa makanan atau sampah dapur rumah tangga. Pastikan hanya memasukkan bahan makanan yang terbuat dari sayuran dan buah-buahan. Jangan pernah memasukkan bahan yang berbahan daging atau susu dan olahannya. Potong kecil-kecil semua sampah rumah tangga agar cacing dapat dengan mudah memakan semua sampah tersebut.
  5. Untuk mencegah bau sampah, dapat mencoba memberi makan cacing sedikit demi sedikit. Timbun sampah dapur di wadah pembuatan kompos menggunakan tanah, lalu periksa keesokan harinya bila sampah tersebut hilang esok harinya atau habis dimakan cacing maka tambahkan lagi porsinya. Jangan terlalu banyak memasukan sampah dapur ke dalam wadah pembuatan kompos karena justru akan terlihat berantakan dan berbau.
  6. Setelah beberapa minggu, maka semua sampah telah terurai. Dengan jumlah yang cukup banyak, maka inilah saat yang paling tepat untuk memanen pupuk kompos.

Anda juga bisa belajar lebih banyak mengenai kompos organik salah satunya dengan membaca artikel Proses Pembuatan Pupuk Kompos Menggunakan Sampah Organik

Selamat mencoba!


Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter